ITP FACT: Ilmu Pangan & Teknologi Pangan

Senin, 30 Maret 2020 18:51 WIB

    Apakah ilmu pangan itu? Segala seluk beluk ilmu pengetahuan yang mempelajari mengenai masalah pangan dan segala aspeknya, baik membicarakan struktur kimia bahan pangan tersebut maupun membicarakan sumber-sumber alamiah bahan pangan dan kegunaannya untuk kesejahteraan umat manusia. Dengan demikian semua produk alamiah yang berupa produk nabati maupun hewani yang dapat dipakai sebagai sumber pangan sehingga menyejahterakan umat manusia termasuk ke dalam cakupan ilmu pangan., misalnya kelompok padi, kelompok umbi-umbian, kelompok palawija, tanaman pohon yang menghasilkan buah-buahan, sayuran, bahkan jenis bumbu-bumbuan, misalnya merica, ketumbar, jintan, kemiri, cengkih, buah kelapa, dan jenis bumbu lain seperti lengkuas jahe, kunyit, kunci, cabai, kencur dan lain-lain. Semuanya itu adalah bahan pangan nabati dalam arti yang luas. Jenis bahan-bahan pangan hewani, misalnya daging yang berasal dari hewan ternak sapi, kambing, domba, ayam, dan bahkan juga babi adalah bahan pangan. Tentu saja kelompok hasil-hasil laut, baik yang berupa kelompok nabati (ganggang hijau, merah perang dan lain-lain), maupun hewani (misalnya berbagai jenis ikan laut, udang, kepiting, teripang dan lainlain). Kesemuanya itu termasuk ke dalam cakupan ilmu pangan.

    Teknologi pangan didefinisikan sebagai berikut: teknologi yang melibatkan pengubahan dari bahan baku biologis sehingga menjadi lebih awet dalam waktu singkat maupun lama, dalam bentuk bahan setengah jadi ataupun jadi dengan menggunakan sarana yang cocok sehingga baik pada awal proses maupun akhir proses dicapai tujuannya, yaitu secara sensoris dan fisiologis diterima oleh konsumen, nilai zat gizinya diusahakan tidak berubah dan bebas dari toksin atau racun yang ada dalam bahan sehingga produk itu memenuhi syarat sesuai dengan standar yang berlaku. Jika dirangkai secara sistematis maka perkembangan teknologi pangan dapat disusun atas: 1) Teknologi Pangan Tradisional, 2) Teknologi Pangan Modern, dan 3) Teknologi Pangan Canggih. Tujuan teknologi pangan adalah suatu proses yang sangat penting dalam menjagakelangsungan hidup manusia. Tujuan teknologi pangan adalah untuk meningkatkan umursimpan bahan makanan. Melalui pengolahan pangan, bahan mentah diolah menjadi bahan jadi untuk dikonsumsi, dan bahan setengah jadi untuk memperpanjang masa simpannya,serta agar mudah diolah menjadi bahan jadi yang siap konsumsi.

    Ruang lingkup pangan yang dimaksud adalah pangan U PENDAHULUAN 1.2 Pengantar Teknologi Pangan  nabati maupun pangan hewani, sumber sumbernya, sifat fisik dan kimiawi, pengertian bahan pangan dan komponen penting di dalamnya. Proses inti pangan mencakup teknik operasi pengolahan dari bahan mentah yang siap diolah menjadi hasil olahan. Dalam proses pengolahan ini terjadi perubahan bentuk menjadi produk baru yang secara teknis berbeda sifat-sifatnya dan secara ekonomis bernilai tambah lebih tinggi jika dibandingkan dengan bahan asalnya. Pengolahan dimaksudkan juga untuk meluaskan potensi pasar dan potensi penggunaannya. Pengolahan pangan sangat beragam prosesnya di antaranya tentang proses pembuatan roti (bakery), kelompok mie (noodles), kelompok kerupuk/keripik (chips), kue kering (crackers), kue basah, jem jelly, sari buah, sirup, pikel sosis, keju, susu bubuk, yoghurt, ikan kering, produksi minyak, proses pengalengan dan produk fermentasi lain.

 

Daftar Pustaka

Amar, A., Muhami, rosandari, T., Koeswardhani, Dharmawati, A. A., Saragih, R., . . . Saragih, R. (2014). Pengantar Teknologi Pangan. Tangerang Selatan: ISBN 9796899035.

Shared: