HMJ Ilmu dan Teknologi Pangan
Universitas Muhammadiyah Malang
HMJ Ilmu dan Teknologi Pangan
Universitas Muhammadiyah Malang

"Mencetak" Makanan menggunakan Printer 3D Foodini

Author : Administrator | Sabtu, 03 Juni 2017 18:58 WIB

Jika Anda menonton film fiksi ilmiah, mungkin Anda akan sempat melihat bagaimana canggihnya teknologi yang disajikan pada film tersebut. Seperti misalnya mesin pembuat makanan otomatis yang hanya menggunakan satu tombol saja untuk bisa menyediakan makanan. Sesuatu yang mustahil dilakukan di dunia nyata? Tidak juga, karena konsep tersebut telah dibenamkan dengan teknologi 3D printing dan kini terdapat mesin 3D printing yang mampu membuat makanan segar yang siap saji.

 

Fooini merupakan printer 3D pertama di dunia yang mampu “mencetak” masakan dengan segar menggunakan bahan-bahan masakan yang sesungguhnya. Konsep dan cara kerjanya cukup sederhana, di mana pengguna hanya perlu menentukan resep, rasa masakan, dan menentukan makanan apa yang hendak diinginkan. Foodini akan menyiapkan masakan yang telah ditentukan melalui kapsulnya, kemudian masuk ke dalam mesin dan kemudian mencetak makanan tersebut.

Foodini memang belum bisa mencetak masakan yang sangat rumit dan baru sebatas mencetak desain masakan untuk membuat biskuit atau mungkin pasta, tetapi bukanlah hal yang tidak mungkin jika suatu saat di masa depan konsep ini bisa dikembangkan kembali untuk bisa menyerupai mesin makanan otomatis di dalam film fiksi ilmiah.

Tertarik untuk membeli mesin ini? Foodini direncanakan akan dihargai US$ 1300 per buah dan saat ini tengah berkampanye di dalam Kickstarter untuk bisa melanjutkan proyek printer 3D yang menarik ini.

 

 

Sumber:

http://www.jagatreview.com/2014/04/mencetak-masakan-dengan-printer-3d-foodini

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image