Food Fact: Jambu Biji

Minggu, 21 April 2019 09:11 WIB

Buah Jambu Biji Merah Untuk Mengobati Penyakit Demam Berdarah

Demam berdarah dengue (DBD) adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus dengue (DEN) yang mempunyai gejala seperti demam, nyeri otot, nyeri sendi yang disertai leukopenia, trombositopenia, ruam dan diatesis hemorhagik. Penyakit ini disebabkan oleh nyamuk Aedes aegypti yang membawa virus dengue yang dapat menyebabkan menurunnya jumlah trombosit pada penderitanya.

Salah satu pengobatan nonfarmakologi adalah dengan cara memanfaatkan tanaman yang dapat mempercepat penyembuhan penyakit demam berdarah dengue. Jambu biji merah merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan. Selain mengkonsumsi buahnya dalam bentuk utuh, masyarakat juga sering mengkonsumsi jambu biji merah dalam bentuk minuman yang di-blender atau di-juicer. Jus jambu biji merah terbukti dapat meningkatkan nilai trombosit dan mencegah terjadinya perdarahan sesuai dengan penelitian Prasetio (2015) dalam jurnalnya yang berjudul Potential Red Guava Juice in Patients with Dengue Hemorrhagic Fever yang menyatakan jus jambu biji merah akan mencegah terjadinya perdarahan akibat rusaknya trombosit yang disebabkan virus dengue.

Buah jambu biji memiliki kandungan vitamin C yang tinggi diantara berbagai jenis buah dan kandungan vitamin C buah jambu biji merah lebih tinggi dibandingkan dengan jambu biji putih dan jeruk (Emma, 2010). Selain itu, di dalam jambu biji merah juga terdapat senyawa tanin dan flavonoid yang bermanfaat untuk mengobati penyakit DBD (Musa, 2010)

Kandungan vitamin C dalam buah jambu biji cukup besar yaitu 87mg/100gr bahan. Vitamin C diketahui berperan sebagai senyawa antioksidan yang dapat memperlambat proses penuaan dan kerusakan membran sel akibat serangan radikal bebas (Nasirudin, 2005). Peranan vitamin C yang lain adalah dalam proses hidroksilasi asam amino prolin dan lisin membentuk hidroksipolin dan hidroksilin. Kedua senyawa tersebut merupakan komponen pembentuk kolagen yang penting dalam penyembuhan luka selain itu juga sangat penting untuk memberikan kekebalan tubuh melawan infeksi termasuk infeksi virus dengue (Klawikkan, 2011)

Menurut Dweck (2001), buah jambu biji dapat dijadikan obat alternatif karena mengandung berbagai zat yang berfungsi sebagai penghambat penyakit, salah satunya adalah jenis flavonoid kuersetin. Kuersetin merupakan senyawa flavonoid jenis flavonol yang biasa ditemukan dalam kelas angiospermae. Kuersetin berkhasiat untuk mengobati kerapuhan pembuluh kapiler manusia. (Maryanty, 2005).

Penelitian yang dilakukan oleh Nuh Huda (2011), menunjukkan hasil yaitu adanya pengaruh pemberian jambu biji merah terhadap peningkatan jumlah trombosit pada penderita DHF. Pada kelompok yang diberikan jus jambu biji merah peningkatan jumlah trombosit terendah 26.000µ sampai dengan 160.000µ dengan rata-rata peningkatan jumlah trombosit 76.100µ. Sedangkan pada kelompok yang tidak diberikan jus jambu merah yaitu dari yang tidak mengalami peningkatan samapi dengan peningkatan 54.000µ. Dengan rata-rata peningkatan jumlah trombosit 14.300µ. Sebanyak 7 responden dari 10 sampel kelompok yang tidak diberikan jus jambu merah yang mengalami peningkatan jumlah trombosit dan 3 responden dari 10 sampel kelompok yang tidak diberikan jus jambu merah tidak mengalami peningkatan jumlah trombosit (Huda, 2011).

 

Sumber:

Depkes RI.  2010.  Penyelidikan epidemiologis penanggulangan fokus dan penanggulangan vektor pada kejadian luar biasa demam berdarah dengue. Jakarta: Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan.

Emma, S. 2000. Buah dan sayur untuk terapi .Jakarta: Penebar Swadaya.

Huda, N. 2011. Pemberian jambu merah terhadap peningkatan trombosit anak DHF. Surabaya: Stikes Hang Tuah.

Klawikkan N, Nukoolkarn V, Jirakanjanakir N, Yoksan S, Wiwat C, Thirapanmethee K. 2011. Effect of Thai medicinal plant extracts against dengue virus in vitro. MU J Pharm. 38(1−2):13−8.

Musa, Abdullah. 2010. Antioxidant activity of ink-flesh guava (Psidium GuajavaL.): effect of extraction techniques and solvents. Journal of Food Analytic Methods. 4(1): 100−7.

Nasirudin, M. 2005. Pengaruh pemberian ekstrak daun jambu biji terhadap peningkatan jumlah trombosit kasus demam berdarah dengue pada anak. Surabaya: Universitas Airlangga.

Prasetio, J. N. 2015. Potential Red Guava Juice in Patients With Dengue Haemorrhagic Fever. J. Majority volume 4 Nomor 2 , 25-29.

Shared: