ITP FACT: Jurusan Tata Boga dan Jurusan Teknologi Pangan

Jum'at, 28 Februari 2020 18:01 WIB

Apasih jurusan Teknologi Pangan dan Jurusan Tata Boga itu ?

                Jurusan Teknologi Pangan  adalah ilmu yang menerapkan teknologi tentang pengolahan bahan pangan mulai pasca panen hingga menjadi hidangan yang memiliki manfaat dan nilai guna. Sedangkan, Jurusan Tata Boga adalah jurusan yang mempelajari  bagaimana teknik menyajikan makanan agar terlihat berkualitas tinggi, mempunyai estetika, rasa, dan kebutuhan gizi yang terpenuhi.Sering disebut sebagai jurusan masak-masak(tata boga), sebenarnya jurusan Teknologi pangan sangat berbeda dengan Jurusan Tata Boga. Perbedaan utamanya ada pada jumlah. Saat seorang chef/koki memasak untuk satu sampai ratusan orang, seorang ahli Teknologi Pangan atau Food Technologist akan menyiapkan produk makanan untuk jutaan orang.

                Teknologi Pangan berfokus pada pembahasan mengenai pangan, from farm to table, artinya “mainan” anak Teknologi Pangan dimulai  sejak bahan pangan dipanen hingga terhidang di hadapan konsumen yang memiliki manfaat dan nilai guna yang tinggi. Untuk menunjang keilmuannya Food Technologist masih belajar berbagai ilmu dasar, seperti kimia, fisika dan biologi. Kemudian, akan belajar mikrobiologi, ekonomi, serta manajemen. Di dalamilmu kimia, kita akan belajar tentang zat-zat gizi penyusun makanan seperti karbohidrat, lemak, vitamin, protein, dan mineral, serta kegunaannya sebagai bahan penyusun makanan dan minuman.

                Dengan ilmu fisika, sarjana Teknologi Pangan mampu merancang proses pengolahan pangan dengan optimal, misalnya dengan menghitung suhu dan waktu yang tepat untuk melakukan pendinginan, pemanasan, maupun pencampuran bahan. Melalui biologi dan mikrobiologi kita bisa tahu “makhluyk hidup” apa saja yang berpotensi menjadi penyebab kerusakan makanan atau minuman seperti penyebab basi, jamur, bahkan bakteri beracun, serta cara mereka merusak makanan dan minuman tersebut. Dan yang tidak kalah penting adalah memahami ilmu ekonomi dan manajemen supaya kita dapat mengelola bisnis bahan pangan dengan apik, baik bisnis individu maupun pada industri besar.

Sumber =bppsdmk.kemenkes.go.id>ILMUDANTEKNOLOGIPANGAN

                   jendelaIPB.Blogspot.com

                   beranda-miti.or.id

Shared: