HMJ Ilmu dan Teknologi Pangan
Universitas Muhammadiyah Malang
HMJ Ilmu dan Teknologi Pangan
Universitas Muhammadiyah Malang

Jenis Makanan dan Minuman yang Baik Saat Puasa

Author : Administrator | Senin, 05 Juni 2017 05:18 WIB

Bulan Ramadhan adalah saat yang dinanti bagi Umat Muslim. Ini merupakan bulan dimana Umat Muslim memaksimalkan amalan dari ibadah. Salah satu ibadah yang utama di Bulan Ramadhan adalah Ibadah Puasa. Dalam berpuasa, orang-orang akan berusaha menahan hawa nafsu serta menjalankan ibadah-ibadah lain. Salah satu bentuk menahan nafsu adalah menahan rasa lapar dan haus dari makanan dan minuman. Menjaga kesehatan saat puasa di bulan ramadhan merupakan keharusan, salah satu caranya adalah dengan selalu memperhatikan setiap makanan yang di konsumsi saat sahur dan berbuka puasa. Kebanyakan orang mempunyai kecenderungan untuk makan terlalu banyak atau berlebihan saat berbuka puasa, apalagi dengan hidangan yang lezat dan mengundang selera. Buat kamu yang ingin selalu bugar selama Ramadan, berikut ini rekomendasi makanan dan minuman yang bisa kamu santap untuk berbuka puasa dan sahur:

1.    Kurma

Kurma merupakan menu wajib saat berbuka puasa. Sebaiknya tidak mengonsumsi makanan yang berta terlebih dahulu saat hendak berbuka puasa. Usahakan mengonsumsi makanan yang manis dan ringan, salah satunya adalah kurma. Kurma memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk tubuh. Kurma mengandung banyak glukosa, fruktosa dan sukrosa dengan kandungan kalori yang rendah. Dengan kandungan gula alami tersebut, kurma dapat mengembalikan energy yang hilang selama berpuasa.

 

2.    Jus alpukat

 
   

 

Segelas jus alpukat yang dicampur susu cokelat baik untuk dikonsumsi saat sahur. Selain lebih ringan dan praktis sehingga mudah dikonsumsi, buah satu ini juga mengandung banyak serat dan lemak tak jenuh.

3.    Daging sapi, ikan, putih telur dan ayam

Makanan ini merupakan sumber protein utama dari hewani. Protein diperlukan sebagai alternatif untuk memenuhi kebutuhan energi selain karbohidrat. Selain itu, mengkonsumsi protein dapat menahan rasa lapar lebih lama dibandinghanya mengkonsumsi karbohidrat saja.  Selain itu, ikan memiliki kandunga Omega 3 yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Lemak jenuh ini sangat efektif menahan rasa lapar karena tubuh butuh waktu yang lama untuk mencernanya. Selain itu, alpukat juga dikenal mengandung asam folat, potassium dan vitamin e yang membuat perut lebih kenyang dibandingkan mengkonsumsi makanan lainnya.

4.    Air mineral

Air mineral merupakan minuman terbaik untuk memenuhi kebutuhan cairan akan berpuasa. Kandungan mineral air berfungsi menjaga karja tubuh serta menjaga tubuh terhadap dehidrasi. Air mineral menjadi pilihan utama dikarenakan beberapa minuman yang memiliki rasa memiliki efek diuretik (sering buang air kecil) akibatnya mudah dehidrasi atau mengganggu kesehatan

 

Makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari saat puasa  :

Produk tepung dan makanan instan

Makanan ini memang dapat memberikan rasa kenyang serta karbohidrat. Namun mekanan ini umunya dapat dengan cepat dicerna dan cepat membuat perut terasa lapar. Sehingga kurang cocok untuk dijadikan makanan utama saat sahur (contohnya mie instan). Selain itu kebiasaan mengkonsumsi makanan ini dapat membuat pencernaan terganggu.

Makanan pedas

Makanan pedas memiliki efek meningkatkan produksi asam lambung, sehingga sebaiknya dikurangi saat makan sahur.

Makanan berlemak

Makanan berlemak memiliki dampak mengganggu fungsi pencernaan atau konstipasi. Akibatnya orang akan sulit untung buang air besar dan perut terasa kembung.

Minuman soda

Minuman soda memiliki kandungan gula yang sangat tinggi tanpa memiliki nutrisi. Selain itu soda dapat menyebabkan kelainan sistem pencernaan dan perut terasa kembung. (Baca juga:

Minuman kafein

Minuman kafein umumnya dapat menyebabkan jantung berdebar serta meningkatkan produksi asam lambung. Selain itu minuman ini ternyata memiliki kandungan Xanthine yang menyebabkan terjadinya diuresis (sering buang air kecil) akibatnya mudah terjadi dehidrasi.

 

Sumber :  http://1.bp.blogspot.com/-r-6XidlOEX0/UXS1u3Cl12I/AAAAAAAABrE/3BbqSd2yL0A/s1600/kombinasi3.png

  http://masirul.com/makanan-sehat-untuk-buka-puasa/

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image