HMJ Ilmu dan Teknologi Pangan
Universitas Muhammadiyah Malang
HMJ Ilmu dan Teknologi Pangan
Universitas Muhammadiyah Malang

SHARE'I: Food Combining

Author : Administrator | Sabtu, 03 Juni 2017 13:19 WIB

Makanan yang masuk ke dalam tubuh kita secara tidak langsung akan mempengaruhi seluruh apapun yang akan kita kerjakan. Sehingga kita perlu untuk memperhatikan setiap makanan yang dikonsumsi. Salah satu ciri dari jurusan ilmu dan teknologi pangan di UMM adalah menggembangkan teknologi pangan aman dan halal. Makanan yang aman adalah makanan yang tidak menimbulkan bahaya. Makanan yang baik sering dihubungkan dengan makanan yang halal. Tahukah anda perbedaan makanan baik dan halal ? makanan yang baik adalah makanan yang mengandung gizi seimbang sesuai dengan kesehatan tubuh manusia dan peraturan-peraturan kesehatan sedangkan makanan halal ialah makanan yang baik yang sesuai dengan syariat islam sehingga makanan yang halal sudah tentu baik tetapi makanan baik belum tentu halal. Di indonesia pola makan sehat sering dihubungkan dengan 4 sehat 5 sempurna, 4 sehat 5 sempurna ini telah diterapkan dari tahun 1952 hingga tahun 1995. Menurut peraturan menteri kesehatan republik Indonesia nomor 41 tahun 2014 tentang pedoman gizi seimbang 4 sehat 5 sempurna telah diubah menjadi PGS (Pangan Gizi Seimbang). Pangan Gizi Seimbang ini sering kita dengan dengan sebutan  dengan FOOD COMBINING. Apa itu food combining ? food combining merupakan pola makan kita yang harus memperhatikan kondisi alamiah tubuh, kondisi pencernaan, aktifitas, perbedaan usia, dan perbedaan kondisi kesehatan tubuh yang bertujuan untuk menjaga kesehatan, stamina tubuh. Lalu, kenapa harus food combining ? dengan menerapkan food combining kita dapat mengatur pola makan sehingga menjadi seimbang dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Kalau begitu, bagaimana penerapan food combining ? kita ambil saja contoh food combining dari rasullullah berdasarkan riwayat Aisyah Nabi tidak pernah mengenyangkan perutnya dengan dua jenis makanan yang sama. Prinsip dari food combining ala rasul adalah memakan makanan yang halal dan thayyib, tidak berlebihan dalam makan, dan disunnahkan untuk berpuasa.

            Yuukkk, kita simak apa saja fakta unik tentang food combining

1.      Bener nggak sih makan nasi dulu setelah itu baru makan buah ? emang makan aman kalau makan buah saah kondisi perut kosong ?

Menurut, peneliti tentang food combining Dr. Herbert Shelton menggungkapkan bahwa makanlah buah buahan pada saat perut kosong atau sebelum makan. Karena ketika buah bercampur dengan makanan lain akan membusuk dan menghasilkan gas yang menyebabkan kembung. Selain itu dengan memakan karbohidrat terlebih dahulu lalu makan buah akan menyebabkan mengantuk, lemas, adan sulit memahami pelajaran.

2.      Bener nggak sih, makan buah baik dilakukan saat sakit atau sedang minum obat ?

Faktanya, buah jeruk dan apel dapat menghambat absorpsi obat-obat padahal obat yang dikonsumsi pasien seharusnya diserap dengan baik di saluran pencernaan akibatnya jumlah obat yang dibutuhkan tidak tercapai dan kesembuhan akan lama diperoleh.

Anggur, lemon, dan jeruk bali dapat mengganggu proses metabolisme obat dengan menghambat kerja enzim di hati sehingga obat- obatan tidak bisa dibuang oleh tubuh dan terakumulasi pada tubuh sehingga dapat menimbulkan efek keracunan obat.

3.      Apakah benar kombinasi antara susu dengna buah-buahan ?

SALAH, buah seharusnya tidak dikonsumsi bersamaan dengan susu. Kaena buah banyak mengandung asam sehingga tidak baik dikombinasikan dengan susu yang memiliki kandungan protein yang tinggi, asam akan mengikat protein sehingga sulit untuk dicerna oleh tubuh.

4.      Apakah benar kombinasi antara kedelai dengan bayam ?

SALAH, bayam mengandung asam oksalat yang dapat bereaksi dengan kalsium (kedelai) dan akan membentuk endapan yang tidak dapat larut pada usus. Endapan tersebut adalah kalsium oksalat. Kedelai dan bayam yang dikonsumsi bersamaan akan mempengaruhi penyerapan kalsium sehingga menyebabkan penyumbatan pada perut.

5.      Apakah benar kombinasi antara jeruk dan udang ?

Salah, Pada dasarnya udang mengandung Arsenic Pentoxide (As2O5) dan jika bertemu dengan suplemen mengandung Vitamin C, akan terjadi reaksi kimia di dalam perut yang mengubah As3O5 menjadi Arsenic Trioxide (As2O3) yang sangat beracun àhati, jantung, ginjal, pembuluh darah rusak, usus keluar darah, pembuluh darah melebar hingga seseorang tersebut meninggal dengan kelima panca indera mengeluarkan darah.

6.      Apakah benar kombinasi antara susu kedelai dengan telur ?

Salah, Telur merupakan makanan yang kaya akan protein. Beda dengan susu kedelai mengandung zat antitripsin dan asam fitat yang dapat mengurangi aktivitas dari enzim protease yang digunakan oleh tubuh untuk membantu metabolisme protein. Tubuh tidak akan mendapat protein yang baik dari telur jika dikonsumsi bersamaan dengan susu kedelai.

7.      Apakah benar kombinasi antara olahan daging dengan semangka ?

Salah, Semangka disebut buah yang “dingin” dalam makanan, sedangkan daging (misalnya daging kambing) merupakan sebaliknya (panas). Ketika dikonsumsi bersamaan, efek bergizi dari daging kambing akan menurun secara drastis. Bagi penderita asthenia limpa, hal ini dapat membahayakan energi dan mengganggu limpa dan lambung.

8.      Apakah benar kombinasi antara kacang kacangan dengan buah jeruk ?

Benar, Lemak dan asam, kombinasi ini termasuk serasi jika kadar lemaknya rendah. Asam berguna melarutkan lemak dan sebaliknya enzim pencerna lemak membutuhkan pH asam (rendah).

9.      Apakah benar kombinasi antara coklat dengan susu ?

Salah,Susu kaya akan protein dan kalsium, sedangkan coklat banyak mengandung asam oksalat. Kalsium dari susu dan asam oksalat coklat dapat membentuk kalsium oksalat yang selain tidak mudah larut dalam tubuh, juga dapat menyebabkan diare apabila mereka dimakan bersamaan.

 

TIPS KOMBINASI KERE MAKANAN SEIMBANG ALA MAHASISWA

 

komposisi menu dasar (KMS)

1 menu protein + sayuran

1 menu zat pati + sayuran

1 menu buah-buahan

(Bisa divariasikan)

 

·         Pilih makanan alami yang masih komplet mengandung zat makanan (wholefoods) Seperti buah segar, sayuran segar, beras tumbuk, umbi-umbian, telur

·         Tidak perlu menolak makanan yang ditawarkan, tapi pilihlah makanan yang serasi

·         Jangan mencampurkan makanan asam-asam,  basa-basa, karena akan membahayakan tubuh. Kombinasi baik asam-basa dan sebaliknya.

Mensiasati APBN (Anggaran Per Bulan Nak kos)

Makanlah buah di pagi hari  buah yang gak gampang basi, karena pada pagi hari  pembuangan  tubuh butuh energi yang cepat diserap.

Untuk makan siang, pilihlah  menu dengan aturan kombinasi karbohidrat+sayur atau protein+sayur. Karena, pada waktu ini (12-20.00) tubuh mengalami proses pencernaan.

Pada malam hari, tubuh melalui fase penyerapan makanan (pukul 8 malam – 4 pagi). Sehingga, makan malam sebaiknya dilakukan sebelum pukul 20.00. Sebaiknya makan malam jangan yang terlalu berat.

 

Sesuaikan dengan APBN anda!

 

 

 

 

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image